Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Visitors

Flag Counter

Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Teknologi Digital Yang Berkembang Pesat

Facesiana.com Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Digital yang sudah berkembang begitu pesat. Menciptakan Wirausaha di era Digital Tentu semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk membuka peluang usaha yang besar. 

Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Teknologi Digital Yang Berkembang Pesat

Teknologi di Era Digital semakin hari semakin berkembang dengan baik, Hanya tinggal kita sebagai penggunanya sendiri harus paham bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Mencari Usaha dan Bisnis di Internet bisa dibilang susah-susah gampang.. 

Tergantung dari dalam diri kita apakah bisa menekuninya atau tidak. Kita ambil salah satunya yaitu mengenai bisnis E-commerce yang hingga saat ini keberadaanya bisa di temukan di mana saja. Peluang yang begitu besar dengan memanfaatkan Teknologi yang ada yaitu Internet..

Penduduk di Indonesia sebagian besar sudah mengenal apa itu internet dan untuk Apa fungsi internet itu sendiri. Internet merupakan salah satu fasilitas yang bisa kita nikmati hingga saat ini, mencari sesuatu yang belum pernah kita ketahui, bermain games, Mendownload aplikasi bahkan berbelanjapun sekarang bisa melalui Internet. 

Semuanya serba Modern dan simpel.. 

Berbicara mengenai bisnis tentu semua orang mempunyai bisnis, Ada yang benar-benar mau memanfaatkan Era Digital ini sebagai peluang usaha yang benar-benar menjanjikan di masa Depan. Salah satunya dengan membuka situs Jual beli online yang saat ini sudah di kuasi oleh situs-situs terkenal di Luar sana. Seperti Olx dan Bukalapak. 

Persaingan antara 2 situs ini tentu juga berat, Dimana mereka membutuhkan sesuatu yang benar-benar mampu menarik dan memikat hati para konsumen untuk berbelanja. 

Salah satunya dengan melakukan promosi iklan dan juga memberikan berbagai macam Diskon. Bukan hanya itu saja, selain situs Jual beli Online ada banyak juga situs Online shop. Yang sampai saat ini juga menguasai Indonesia.Mulai dari Lazada, Mataharimall, Tokopedia dan lain sebagainya. Banyak peluang sebenarnya yang bisa kita lakukan di era digital ini, mungkin sebagian orang belum terlalu paham manfaat sesungguhnya. 

ereka hanya sekedar mau menggunakan saja namun tidak pernah berupaya untuk mencoba sesuatu yang mungkin lebih berguna di masa depan. Perkembangan Era Digital bisa membawa kita ke hal-hal yang positif jika kita masih bisa mengendalikannya namun akan membawa kita ke hal yang buruk jika kita tidak bisa mengontrolnya dengan baik. 

Jika di Tanya kepada saya apa yang akan saya lakukan di Era Digital ini untuk membuka usaha yang benar-benar menguntungkan jangka panjang ? Harapan saya kedepan di Era Digital ini.. 

Tak lain ini bersaing dengan situs-situs E-commerce yang ada di luar sana yang bisa dibilang sudah naik daun atau sudah banyak di kenal Masyarakat. Seperti apa wirausaha saya nantinya ? Usaha ini mungkin hanya masih menjadi angan-angan saja, karena juga keterbatasan dana untuk membangun sebuah Ecommerce yang benar-benar mampu bersaing dengan situs-situs Ecommerce lainnya di luar sana. 

Bisnis saya ini lebih ke Arah produk Fhasion Pria yaitu Menjual Sepatu Dan Juga T-shirt. Di mana target pasar saya tentu saja anak-anak muda yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Memang sudah banyak penjual Sepatu dan Distro-distro yang menyediakan berbagai keperluan sandang untuk Pria. Namun itu sudah biasa di lakukan.. Mungkin akan lebih menarik jika mereka bisa memilih Kaos dan juga sepatu dengan puas melalui situs Ecommerce saya nantinya. 

Usaha ini lebih praktis dan juga tidak terlalu memakan tenaga yang berat. Namun apakah usaha ini membutuhkan dana yang besar ? Yah benar sekali. Usaha Ecommerce memang membutuhkan usaha yang besar, selain harus sedia Stock barang juga harus mampu bersaing dengan situs ecommerce lainnya. 

Langkah awal apa yang akan di lakukan untuk membangun bisnis Ini ? 

#Menentukan Nama Brand


Pertama-tama mungkin saya akan menyiapkan terlebih dahulu yang namanya Brand. Dimana pemiliihan Brand itu juga susah-susah gampang. Dalam pikiran saya tentu dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit. 

Membutuhkan waktu yang lama untuk mempunyai Produk dengan Nama Brand sendiri, tidak mudah menentukan nama sebuah brand produk. Bisa jadi masyarakat ada yang menolak dan ada yang juga setuju. Tergantung sih dari bahan yang digunakan nantinya dan juga desain yang diberikan. 

#Menentukan Bahan Yang digunakan

Selanjutnya saya akan menentukan bahan yang nantinya akan digunakan untuk pembuatan sepatu, misalnya yang paling bagus menggunakan Kulit, kemudian klep, dan juga LEVIS.
Bahan-bahan ini juga mahal, tidak bisa langsung membelinya secara banyak. Kita juga harus mencari tahu bahan jenis apa yang paling di sukai Pria sekarang. 

#Menentukan Desain Sepatu 

Kemudian selanjutnya yaitu dengan menentukan Desain sepatu sendiri. Membuat desain sepatu sepertinya tidak terlalu sulit. Kalau kita sudah hoby dengan sepatu tentu akan tahu desain seperti apa yang cocok untuk anak muda sekarang. 

Mungkin langkah awal saya membuat desain sepatu 1 atau 2 terlebih dahulu kemudian meminta pendapat dari teman-teman dan juga beberapa anak muda untuk menilai kualitas dan juga desainnya sendiri. Ini jauh lebih baik dari pada kita tidak tahu sama sekali seperti apa kesukaan mereka.. 

#Bekerjasama dengan penyedia Produk ( Diawal usaha) 

Ya tentu ini mungkin langkah pertama saya untuk membuka usaha sepatu ini sendiri. Mengajak bekerjasama dengan peyedia-penyedia Produk Pria yang sudah populer. Caranya dengan menampillkan produk mereka di situs Ecommerce yang saya bangun Dan menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi. 

#Proses Pembuatan Website 

Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Teknologi Digital Yang Berkembang PesatKemudian yang selanjutnya yaitu mengenai proses pembuatan websitenya sendiri. Untuk pembuatan website sendiri mungkin tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya, Pemilihan nama sesuai dengan brand akan lebih cocok dan juga lebih khas. Yang jelas dalam membuat website ini juga tergantung dari koneksi internet yang kita gunakan, kalau lemot tentu prosesnya juga akan lama. 

Nah untuk mebuat website ini saya akan menggunakan jasa dari Myrepublic.co.id. Myrepublic ini merupakan penyedia jasa internet, cocok untuk di pasang dalam rumah. Internet Ultra Cepat Upto hingga 300 Mbps bisa kalian dapatkan melalui jaringan Fiber Optic Myrepublic. 

Gambar halaman Homepage www.myrepublic.co.id

Cukup membantu untuk menyukseskan Bisnis yang akan saya bangun ini.. Bukan hanya itu saja sahabat facesiana. Myrepublic juga sedang mengadakan Lomba mengenai Blog competition dengan tema Wirausaha Di Era Digital yang bekerjasama dengan Channel NewsAsia

Gambar Halaman Depan Website www.newsasia.com


Tentu dengan hadiah yang cukup besar juga. Mungkin ini kesempatan saya untuk mencoba mendapatkan dana yang nantinya akan saya gunakan untuk membangun dan mengambangkan bisnis saya. 

Dan jika saya menang dari Blog Competition ini maka hal yang akan saya lakukan yaitu. 

#Membuat produk sendiri  

Yang pertama tentu membuat produk sendiri dalam jumlah yang mungkin tidka terlalu banyak, cukup beberapa pasang sepatu terlebih dahulu. Kemudian membeli bahan-bahan yang berkualitas hingga konsumen tidak kecewa dengan produk yang mereka beli.

Beberapa sepasang sepatu sudah cukup untuk memulai bisnis Ecommerce ini.

#Memaksimalkan perkembangan website di serp engine 

Mungkin untuk sebuah website Online shop membutuhkan optimasi sendiri agar mampu bersaing dengan website sudah populer di luar sana. Yap dengan cara mempromosikan website mungkin itu langkah kedua setelah mempunyai desain dan juga produk sepatu sendiri. 
 

Yah mungkin itu saja harapan saya jika menang dari Lomba Blog ini.. 

Jika tidak menang mungkin ini bukan keberuntungan saya, dan saya tetap akan bertekad membuat produk sendiri dan menjualnya di Internet dengan sistem online shop. Walaupun dengan perlahan-lahan namun pasti. 

Masih muda apa salahnya jika ingin sukses di usia 21 Tahun..hehehe 

Kemudian saya mengucapkan banyak Terimakasih kepada Myrepublic yang kiranya sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bersemangat dalam memulai bisnis kecil ini, mungkin ini awal bisnis di era Digital yang akan saya lakukan. 

Dan walaupun saya akhirnya belum beruntung saya tetap berterimakasih karena dengan adanya lomba blog ini setidaknya bisa memberikan semangat tambahan dan motivasi untuk saya pribadi. 

Tag : E-Commerce
0 Komentar untuk "Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Teknologi Digital Yang Berkembang Pesat"

Back To Top